Perkembangan
teknologi informasi yang sangat pesat dapat membuat enterpreneur dapat
mengembangkan usaha Enterpreneur dapat mempromosikan usaha dengan beberapa cara
baik itu promosi melalui media online(blogger, facebook, youtube) maupun media
cetak(majalah, koran dan lainnya). Enterpreneur dapat juga melihat trik ataupun
tips untuk mengembangkan usaha menjadi lebih dikenal dan disukai oleh banyak
kalangan. Berikut ini adalah tahap dari pengembangan usaha yang dapat dilakukan
oleh enterpreneur :
Memiliki ide usaha
Awal
usaha seorang enterpreneur atau technopreneur berasal dari suatu ide
usaha. Ide usaha yang dimiliki seorang enterpreneur dapat berasal dari berbagai
sumber. Ide usaha dapat muncul setelah melihat keberhasilan bisnis orang lain
(pengamatan). Selain itu ide usaha juga dapat timbul karena adanya sense of
business yang kuat dari seorang enterpreneur. Ide usaha juga dapat
dipertimbangkan berdasarkan beberapa informasi peluang usaha yang telah
dijelaskan sebelumnya.
Konsep usaha
Seorang
enterpreneur harus dapat membuat ide usaha tersebut ke dalam konsep
usaha yang merupakan penerjemah lebih lanjut ide usaha ke dalam matra - matra
bisnis yang lebih spesifik. Penyaringan ide - ide usaha tersebut akan dilakukan
melalui suatu aktivitas penilaian kelayakan ide usaha secara formal maupun yang
dilakukan secara informal.
Pengembangan Rencana Usaha
Komponen
utama dari perencanaan usaha yang akan dikembangkan oleh seorang enterpreneur
adalah perhitungan proyeksi rugi - laba dari bisnis yang dijalankan. Proyeksi
rugi - laba merupakan muara dari berbagai komponen perencanaan bisnis lainnya
yaitu perencanaan bisnis yang bersifat operasional. Dalam menyusun rencana
usaha, harus segera ditambahkan bahwa para wirausahaan memiliki perbedaan yang
mencolok dalam membuat rincian rencana usaha.
Implementasi rencana usaha dan
pengendalian usaha
Rencana
usaha yang telah dibuat baik secara rinci maupun global, tertulis maupun tidak
tertulis selanjutkan akan diimplementasikan dalam pelaksanaan usaha. Rencana
usaha akan menjadi panduan bagi pelaksanaan usaha yang akan dilakukan seorang
enterpreneur.
Sumber Referensi :
1. http://yulistny.blogspot.co.id/2016/09/mencari-informasi-peluang-usaha-di_20.html
2. https://taniakharismaya.wordpress.com/2015/05/31/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-komunikasi-bisnis/
3. https://idadwiw.wordpress.com/2014/06/11/peluang-usaha-di-bidang-ti-technopreneurship/
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus