Bagaimana Perkembangan Bisnis Teknologi Dunia?

Perkembangan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari yang sederhana hingga yang sangat canggih. Beberapa inovasi yang ingin dijadikan contoh oleh penulis adalah mengenai teknologi pada aplikasi social media.
Karena social media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Oleh karena itu, technopreneur yang sedang gencarnya mengembangkan aplikasi untuk social media sebagai start-up bisnis yang dikembangkan. Berikut contoh sebagai berikut:
1. Facebook
Facebook termasuk dalam kategori situs jejaring sosial seperti Friendster, MySpace, Multiply, Yuwie, dan lain-lain yang menyed iakan media bagi para penggunanya untuk saling bertukar informasi dan berinteraksi. Facebook diluncurkan pertama kali pada 4 Februari 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama Facebook sendiri terinspir asi dan sebuah istilah di kalangan kampus seantero AS untuk saling mengenal antarsesama civitas akademiknya. Awalnya facebook dikhususkan bagi para mahasiswa di Harvard Univers ity, kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston (Boston College, Boston University, Northeastern University, Tufts University) dan kampus-kampus lainnya seperti Rochest er, Stanford, NYU, Northwestern, dan Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS. Akhirnya, penggunanya diperluas lagi ke sejumlah kampus lain di seluruh dunia. Tanggal 11 September 2006, Facebook membuat satu Iangkah penting dengan mengizinkan aksesnya ke seluruh pengguna internet yang mempunyai alamat e-mail valid.
Pengguna Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah, maupun negara. Jaringan-jaringan mi kemudian akan mengh ubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi. Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dan iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi Iainnya.
2. Instagram
Instagram adalah aplikasi gratis untuk berbagi foto yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, menerapkan digital penyaringan untuk itu, dan kemudian berbagi pada berbagai layanan jaringan sosial, termasuk sendiri Instagram itu. Sebuah fitur batas foto ke dalam bentuk persegi yang khas, biasanya lebih  digunakan oleh perangkat mobile kamera . Instagram awalnya didukung pada iPhone, iPad, dan iPod Touch, pada bulan April 2012, perusahaan menambahkan dukungan untuk Android 2.2 (Froyo) atau lebih tinggi. Hal ini didistribusikan melalui iTunes App Store dan Google Play.
Salah satu cara Instagram mendapatkan uang adalah dari iklan yang mereka tampilkan di layanan mereka. Namun Instagram belum membuka peluang beriklan tersebut secara bebas. Mereka hanya menerima pengiklan-pengiklan besar, dan tak lupa mereka juga membuat iklan tersebut tampak menarik agar tidak mengganggu pandangan para pengguna.

Sumber Referensi :
https://taniakharismaya.wordpress.com/2015/05/31/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-komunikasi-bisnis/
http://aitinesia.com/bagaimana-cara-instagram-mendapatkan-uang/
http://www.menggaliilmu.com/2015/02/facebook-adalah.html

Komentar