Perkembangan
teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan
banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari yang sederhana
hingga yang sangat canggih. Beberapa inovasi yang ingin dijadikan contoh oleh
penulis adalah mengenai teknologi pada aplikasi social media.
Karena
social media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan
mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring
sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan
bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh
dunia. Oleh karena itu, technopreneur yang sedang gencarnya mengembangkan
aplikasi untuk social media sebagai start-up bisnis yang dikembangkan. Berikut
contoh sebagai berikut:
1.
Facebook
Facebook
termasuk dalam kategori situs jejaring sosial seperti Friendster, MySpace,
Multiply, Yuwie, dan lain-lain yang menyed iakan media bagi para penggunanya
untuk saling bertukar informasi dan berinteraksi. Facebook diluncurkan pertama
kali pada 4 Februari 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark
Zuckerberg. Nama Facebook sendiri terinspir asi dan sebuah istilah di kalangan
kampus seantero AS untuk saling mengenal antarsesama civitas akademiknya.
Awalnya facebook dikhususkan bagi para mahasiswa di Harvard Univers ity,
kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston (Boston College, Boston
University, Northeastern University, Tufts University) dan kampus-kampus
lainnya seperti Rochest er, Stanford, NYU, Northwestern, dan Ivy League. Menyusul
kemudian sejumlah kampus lain di AS. Akhirnya, penggunanya diperluas lagi ke
sejumlah kampus lain di seluruh dunia. Tanggal 11 September 2006, Facebook
membuat satu Iangkah penting dengan mengizinkan aksesnya ke seluruh pengguna
internet yang mempunyai alamat e-mail valid.
Pengguna
Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan
kota, lokasi kerja, sekolah, maupun negara. Jaringan-jaringan mi kemudian akan
mengh ubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan
teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi. Situs Facebook
mendapatkan pemasukan utama dan iklan-iklan yang terpasang padanya. Para
pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi
foto dan info-info pribadi Iainnya.
2.
Instagram
Instagram
adalah aplikasi gratis untuk berbagi foto yang memungkinkan pengguna untuk
mengambil foto, menerapkan digital penyaringan untuk itu, dan kemudian berbagi
pada berbagai layanan jaringan sosial, termasuk sendiri Instagram itu. Sebuah
fitur batas foto ke dalam bentuk persegi yang khas, biasanya lebih digunakan
oleh perangkat mobile kamera . Instagram awalnya didukung pada iPhone, iPad,
dan iPod Touch, pada bulan April 2012, perusahaan menambahkan dukungan untuk
Android 2.2 (Froyo) atau lebih tinggi. Hal ini didistribusikan melalui iTunes
App Store dan Google Play.
Salah
satu cara Instagram mendapatkan uang adalah dari iklan yang mereka tampilkan di
layanan mereka. Namun Instagram belum membuka peluang beriklan tersebut secara
bebas. Mereka hanya menerima pengiklan-pengiklan besar, dan tak lupa mereka
juga membuat iklan tersebut tampak menarik agar tidak mengganggu pandangan para
pengguna.
Sumber Referensi :
https://taniakharismaya.wordpress.com/2015/05/31/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-komunikasi-bisnis/
http://aitinesia.com/bagaimana-cara-instagram-mendapatkan-uang/
http://www.menggaliilmu.com/2015/02/facebook-adalah.html
Komentar
Posting Komentar